perjalanan akhir tahun

Rabu, 14 Januari 2009
pagi itu cerah, mentari memancarkan sinarnya dengan lembut namun hangat.
berdua ku dan menyeng mamacu kendaraan mencari toko otomotif yang buka...mengganti oli si ujang (motor supra yang telah menjadi milik menyeng beberapa bulan ini).
tak berapa lama ujang telah selesai ganti oli kembali ujang harus berkerja keras untuk membawa kami ke desa tujuan yaitu KASEMBON.
desa yang tidak asing bagiku karena dulu pada saat MABA pernah kurasakan persahabatan yang indah dan kenangan yang tak terhapuskan di dalam hutan di bukit kasembon.
jalan yang menikung, berbelok-belok dihadapkan oleh tebing dan lembah. menyeng memacu ujang laksana valentino rossi masuk desa...
hhhhuuurrrpppp....
ku hirup udara yang segar dari kota batu yang dingin, surga dunia pikirku. seandainya kampung halamanku sedingin makin malaslah pula penduduknya ntuk mencari peluang usaha. perjalanan masih jauh....sejauh mata memandang yang terlihat lukisan alam yang sangat indah yang tak kan pernah mampu dilukiskan oleh sang maestro sekalipun...Dialah sang Maestro alam...Sang Penguasa, yang mampu mengatur alam dan isi semesta hanya dengan satu jentikan jari.. Ya Rabbi, Maha Besar Engkau Ya Rabb.
berhenti sejenak di musolla tuk sekedar melepas lelah dan buang hajat.... perjalanan masih tetap dilanjutkan melewati waduk selorejo yang sangat indah hingga tiba di rumah tujuan, rumah saudaranya menyeng. tak jauh dari pusat desa. sambil melepas penat dan letih kami meminum suguhan tuan rumah. alangkah nikmatnya. tak lama petualangan dilanjutkan dengan berjalan menuju PDAM buatan penjajah Belanda. perjalanan kesana membutukan waktu kurang lebih satu jam dari rumah sodaranya menyeng...
melewati sawah yang dikelilingi oleh bukit nan indah dan arena arung jeram...
arung jeram adalah salah satu potensi yang terdapat di kasembon ini, arus sungainya yang cukup deras cocok untuk penyuka olahraga ekstrim seperti arung jeram ini.
ujang terus dipacu menuju ke atas, naik hingga akhirnya kami tiba di tempat penyalur air buatan belanda tersebut dibangun sekitar tahun 1902 atau 1923(?) sekarang digunakan sebagai PLTA bagi daerah Jatim dan sekitarnya.

0 komentar: